Jumat, 21 Agustus 2009

Efektifitas Sales Force Automation System (SFA)

Efektifitas adalah kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat atau peralatan yang tepat untuk menentukan tujuan yang telah ditentukan. Efektifitas adalah suatu keadaan yang menunjukkan tingkat keberhasilan atau kegagalan kegiatan manajemen dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Pengukuran efektifitas sistem informasi sudah secara luas diteliti dan hal tersebut dianggap sulit, akan tetapi perlu dilakukan (Radecki,1976;Srinivisan,1985;Groter et al, 1996;Kanungo et al,1999). Menurut Yu (2005) literatur-literatur yang berkaitan dengan efektifitas sistem informasi dikelompokkan dalam tiga pendekatan, yaitu :
1. Perspektif Kontribusi untuk efisiensi organisasi pada proses kerjanya (seperti efisiensi waktu untuk pemrosesan data dan pengurangan tenaga kerja) (Attiyah ,1989;Gibson et al, 1999).
2. Perspektif kepuasan penguna (seperti kemudahan penggunaan, reliabilitas sistem) (Rockart et al,1983;Thong et al,1996).
3. Perspektif kontribusi untuk keuangan organisasi (Analisa Cost/Benefit,ROI) (Wagle,1998;Faleti,2001)
Pengukuran efektifitas sistem tidak dapat dilakukan secara sederhana, yaitu hanya dilakukan setelah sistem di implementasikan. Tetapi seharusnya dianalisa mulai dari pre-implementasi, pada saat implementasi dan setelah masa implementasi (reguler proses). Output dari pengukuran itu selanjutnya masih harus di-improve secara berkelanjutan sehingga akan terdapat dampak positif yang dapat dirasakan oleh users maupun para decision makers.

Tidak ada komentar: