Senin, 19 Oktober 2009

Teknologi Informasi (IT) Bukan Suatu Panacea

Banyak orang percaya bahwa teknologi informasi merupakan kunci utama dalam sistem informasi manajemen, sesungguhnya teknologi informasi adalah seperangkat alat yang sangat penting untuk bekerja dengan informasi dan mendukung informasi dan kebutuhan perusahaan dalam memproses informasi. Tetapi teknologi informasi bukan suatu panacea (obat mujarab). Harus disadari bahwa keberhasilan teknologi informasi sebagai seperangkat alat di dalam organisasi tergantung pada perencanaan yang baik, pengembangan, manajemen, dan penggunaan TI dengan dua kunci utama yang lain yaitu manusia dan informasi.
Menurut John Nasbit & Patricia Aburdene (Reinventing the corporation) Informasi bukan pengganti, untuk berpikir dan berfikir bukan pengganti dari informasi. Dilemmanya adalah tidak pernah cukup waktu untuk mempelajari seluruh informasi yang sebaiknya dipunyai oleh pikiran. Sistem informasi berperan sangat penting didalam keberhasilan persaingan organisasi dan di dalam strategi yang digunakan untuk bersaing. Seberapa jauh penggunaan fungsi ”back office” menjadi tulang punggung untuk pengolahan data dan akuntansi, dan mereka juga menggunakan jalur front-line yang sangat penting. Pada banyak organisasi menggunakan teknologi informasi (TI) secara kreatif untuk mendapatkan keunggulan bersaing, sehingga sistem informasi digunakan dalam pembuatan strategi di dalam organisasi. Menurut Humdiana & Evi Indriyani (2006) beberapa pengaruh sistem informasi di dalam strategi corporate;
- Sistem Informasi perannya meningkat dan penting dalam menentukan ataupun memformulasikan strategi bersaing di dalam industri.
- Tidak memiliki sistem informasi yang tepat/benar akan menyebabkan kurang tepat dalam menentukan keunggulan bersaing.
- Strategi persaingan berdampak memotong biaya organisasi dan menyentuh banyak managers dan staff.
Pada perkembangannya terdapat perubahan peran di dalam organisasi, dimana terjadi proses effisiensi karena adanya pekerjaan-pekerjaan yang dapat dipermudah dengan adanya teknologi informasi, sehingga individual di dalamnya akan lebih produktif.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mantab..