Kamis, 01 Oktober 2009

Leadership

Pada kondisi saat ini leader diperlukan untuk membawa organisasi memasuki abad yang cepat berubah, dimana banyaknya perubahan pada industri (kompetisi), perubahan yang cepat dari teknologi serta perubahan permintaan, akan memerlukan langkah proaktif untuk beradaptasi dalam perubahan dengan mengelola sumber daya internal sebagai modal utama di dalam menghadapi faktor ekternal (market, customer, supplier, competitor maupun regulasi pemerintah).
Seorang leader memiliki attributes of leadership yaitu:
- Leader memberikan nilai tambah pada organisasi dan semua stakeholder untuk menjadi lebih baik.
- Nilai tambah (adds value) adalah kontribusi dan ruh yang di munculkan oleh seorang Leader sehingga memberikan “colour” pada organisasi serta memberikan kepuasan kepada semua stakeholder.
- Leader yang berhasil dalam organisasi juga akan berhasil dalam kehidupan pribadinya/keluarga, karena kemampuan di dalam memimpin organisasi merupakan representasi dari kemampuan di dalam memimpin dirinya sendiri. Memunculkan keseimbangan (balance) dalam mengelola diri sendiri dan organisasi untuk mendapatkan kesuksesan di dua hal tersebut merupakan salah satu ciri dari Great Leader.
- Leader dapat membangun team dengan memberdayakan karyawannya.
Karena Leader merupakan orang biasa dengan kemampuan dan tindakan luar biasa, akan memerlukan team dengan kemampuan yang luar biasa. Pembentukan team dengan kemampuan luar biasa memerlukan pemberdayaan dan pengembangan dari setiap individu di dalamnya. Kunci sukses di dalam leadership adalah dengan pemberdayaan, memberikan arahan dan tantangan kepada team bukan otoriter. Konsep pemberdayaan dengan influence merupakan katalisator pengembangan kemampuan dari masing-masing individu, karena setiap individu memiliki hak yang sama untuk memberikan usulan, metode-metode dengan objectivitas pada hasil, tanpa mengorbankan proses di dalamnya.
- Leader dapat memposisikan orang yang tepat pada posisi yang tepat. Pada beberapa orang memungkinkan terdapatnya multi talenta dimana individu tersebut memiliki kemampuan dan bakat yang generalist. Pada kondisi tersebut tugas seorang pemimpin adalah menemukan bakat/talenta utama dari individu tersebut untuk dikembangkan dan diposisikan pada posisi yang paling relevant sehingga kemampuannya dapat lebih optimal. Konsep leadership adalah bagaimana dapat melahirkan Leader-Leader baru yang lebih baik dan memiliki kemampuan beradaptasi di dalam perubahan. Seorang pemimpin tidak akan memiliki ketakutan akan dikalahkan oleh anggota teamnya, justru sebaliknya dengan keberhasilan men-develop anggota team untuk tampil menjadi seorang pemimpin adalah bentuk keberhasilan leader dalam memahami dan menjalankan konsep leadershipnya.
- Untuk menjadi Great Leader, hal pertama yang harus dilakukan adalah menjadi Great Servant. Konsep seorang pemimpin adalah pelayan bagi anggotanya bukan untuk di layani. Hal ini seringkali menjadi ego dari seorang leader, untuk di layani oleh para anggota teamnya. Inti dari hal ini adalah untuk menjadi seorang pemimpin yang besar, harus memiliki respek dari anggota team-nya, sehingga anggota team akan berlaku proaktif karena adanya hubungan yang harmonis dan timbal balik. Leader selalu mau mendengarkan, menginspirasi dan menawarkan solusi terhadap kesulitan-kesulitan dari anggota team-nya, sehingga akan memunculkan rasa aman pada anggota teamnya karena adanya pengayom, yang mau menampung kritik maupun saran, pertanyaan-pertanyaan dan memberikan jawaban ataupun solusi. Dalam memberikan solusi, Leader akan menyederhanakan proses-proses agar mampu dipahami dengan mudah oleh setiap orang, dengan pemahaman logika, yang diarahkan pada basic utama dari bisnis dan fokus terhadap bisnis yang akan di kembangkan. Dengan pemahaman tersebut maka anggota team akan mudah dalam mencerna dan menjadikan konsep-konsep tersebut sebagai ide di dalam menyelesaikan permasalahan dan memunculkan peluang-peluang baru.
- .Hal terpenting dalam leadership adalah memiliki visi kedepan yang dapat membuat sebuah perubahan menuju ke perbaikan yang berkelanjutan. Seorang pemimpin harus memiliki suatu arah kedepan dan bukan selalu memikirkan hal-hal yang bersifat daily management. Berdasarkan visi-visi yang dimiliki ,seorang leader akan menentukan langkah – langkah untuk mengarahkan semua anggotanya dan menunjukkan jalan untuk mewujudkan visi. Hal ini menunjukkan bahwa Leader membuat perbedaan dengan memiliki visi dan berusaha untuk mewujudkan-nya, bukan hanya sebatas konsep yang hanya untuk dibicarakan tetapi tidak pernah diwujudkan.

Tidak ada komentar: